Ketika menjalankan suatu bisnis, maka tidak cukup hanya mengandalkan softskill ataupun hardskill. Ada satu hal lagi yang harus dipahami oleh pengusaha yaitu prinsip dasar bisnis. Prinsip dasar dalam bisnis perlu diterapkan oleh setiap pengusaha ketika sedang menjalankan usahanya. 

Seperti yang banyak diketahui, dalam menjalankan bisnis pastinya akan melibatkan individu, usaha, dan masyarakat luas. Adanya prinsip dalam berbisnis akan memberi kemudahan suatu perusahaan dalam membuat keputusan, namun tetap mengedepankan nilai dan norma yang berlaku. 

Dengan menerapkan prinsip dasar dalam berbisnis, maka perusahaan mampu bertahan, berkembang, dan berlangsung dalam waktu lebih lama. Hal ini dikarenakan perusahaan mementingkan nilai dan bisa bersaing dengan kompetitor secara sportif dengan mengandalkan keunggulan sendiri. 

Pahami 10 Prinsip Dasar Bisnis yang Penting dan Perlu Diterapkan

Memulai bisnis tidak hanya sekedar memiliki modal kemudian dijalankan sesuai alur. Ada hal-hal penting lainnya yang perlu dipelajari oleh pengusaha pemula agar perusahaan bisa terus maju kedepannya. Ini dia 10 prinsip dasar dalam berbisnis yang bisa mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan. 

1. Memahami Bidang Usaha dan Kompetitor

Sebelum menyusun strategi untuk bisa bersaing dengan kompetitor, maka pengusaha harus paham dengan bidang industri yang sedang digeluti. Amati apa yang menarik dari bidang usaha, bedanya dengan milik kompetitor, dan aspek yang perlu diperbaiki kedepannya. 

Setelah memahami tentang industri sendiri, barulah pengusaha bisa mulai mengetahui kompetitor bisnis yang ada di sekitar. Informasi mengenai industri dan kompetitor akan memudahkan seorang pengusaha dalam menentukan standar operasi serta strategi bisnis yang akan diterapkan. 

Baca Juga  Securities Crowdfunding: Pengertian, Skema Kerja, dan Keuntungan

Apa yang bisa dipelajari dari kompetitor? Pengusaha bisa mencari informasi mengenai kondisi dalam bidang industri, riset pasar, ekspektasi konsumen, harga, kualitas, dan lain-lain. Setelah mengumpulkan banyak informasi, maka pengusaha akan lebih mudah merancang produk relevan.

2. Ciptakan Kerjasama Tim yang Solid dan Matang

Membangun kerjasama tim yang solid dan matang merupakan dasar dasar bisnis penting yang harus diterapkan. Tim kerja yang profesional dan berpengalaman akan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan yang sedang dalam tahap perkembangan. 

Tim akan menyumbang berbagai ide kreatif untuk menunjang strategi bisnis yang matang. Operasi bisnis akan berjalan sukses karena peran orang-orang yang ada didalamnya. Oleh sebab itu, penting bagi suatu perusahaan untuk selektif dalam mencari sumber daya manusia mumpuni. 

Jika memang perusahaan bergerak dalam bidang teknologi informasi. maka libatkan orang-orang yang sudah paham betul dengan dunia teknologi. Jangan asal coba melibatkan bagian internal yang tidak paham bidangnya karena akan merusak citra perusahaan di depan konsumen. 

3. Ciptakan Produk atau Layanan yang Memiliki Kualitas Baik

Setiap konsumen pastinya akan memilih perusahaan ternama yang selalu memberikan produk atau layanan berkualitas sesuai kebutuhannya. Maka dari itu, perusahaan harus memiliki khas produk atau layanan yang berbeda dari lainnya agar bisa mendapatkan kredibilitas dari konsumen.

Perlu diketahui, produk atau layanan yang berkualitas akan membuat perusahaan lebih unggul di mata kompetitor. Namun ketika produk atau layanan yang ditawarkan sama saja, maka konsumen akan berusaha untuk membanding-bandingkan manakah kualitasnya yang paling baik. 

Memangnya apa tolak ukur sebuah produk atau layanan berkualitas? Pastikan bahwa produk atau layanan memiliki preferensi, tawaran memenuhi kebutuhan, dan sesuai keinginan konsumen. Tiap produk atau layanan harus berorientasi untuk meningkatkan kepuasan konsumen pastinya. 

Baca Juga  Personal Income : Pengertian, Rumus dan Cara Menghitungnya

4. Menentukan Goals Perusahaan

Mayoritas perusahaan yang sukses pastinya memiliki sejumlah visi misi yang siap diterapkan. Oleh sebab itu, coba tentukan goals untuk mempermudah perusahaan dalam melacak progress atau kemajuan. Tidak hanya itu, goals juga akan membantu perusahaan bisa memonitor kesuksesan. 

Untuk meningkatkan kemajuan perusahaan kedepannya, seorang pemimpin juga perlu memikirkan tingkat kesejahteraan semua karyawan. Salah satu bentuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan memberikan penghargaan kepada semua karyawan yang sudah berhasil mencapai goals. 

5. Siapkan Modal yang Mencukupi

Prinsip dasar bisnis berikutnya tentu saja berkaitan dengan modal yang akan digunakan untuk  mengembangkan usaha. Mendapatkan modal bisnis bisa dari mana saja, namun pastikan bahwa kedepannya tidak memberatkan dan membuat usaha tidak berjalan optimal. 

Para pengusaha harus bisa memastikan bahwa dana bisa mencukupi untuk melengkapi seluruh komponen bisnis. Tujuannya tidak lain agar bisnis bisa terus berjalan sesuai harapan walaupun mengalami fluktuasi pendapatan yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. 

6. Pahami Tentang Prinsip Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan tidak hanya harus dipahami oleh staf keuangan, namun juga orang-orang penting yang ada didalam perusahaan tersebut. Dengan pengetahuan akuntansi keuangan yang mumpuni, maka akan mendorong perusahaan bisa tetap patuh terhadap UU yang berlaku. 

Seorang CEO perusahaan juga diharapkan bisa memahami tentang akuntansi keuangan agar dapat mengawasi kinerja staff karyawannya. Laporan keuangan yang salah, bisa saja akan membuat perusahaan rugi dan risiko terburuk mengalami kebangkrutan. 

Kira-kira apa saja prinsip akuntansi yang penting bagi perusahaan? Ilmu keuangan yang berhubungan dengan pajak, keringanan pajak, dan tenggat waktu pembayaran pajak. SDM perusahaan juga harus memahami dengan baik cara membuat laporan keuangan yang benar. 

7. Membentuk Struktur Organisasi

Hal penting yang perlu dikuasai dalam dunia bisnis yaitu struktur organisasi dan peran-perannya. Seorang pemimpin perusahaan juga bertanggung jawab penuh untuk memastikan siapa saja orang-orang yang tepat menduduki suatu posisi. Apa saja aspek penting dalam bisnis?

Baca Juga  Escrow Adalah : Definisi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Dalam membentuk struktur organisasi, maka pastikan manajemen proyek yang nantinya akan dikerjakan, alokasi tugas, dan komposisi pekerja. Dengan mengatur semuanya sedemikian rupa, maka akan mendorong kinerja SDM perusahaan lebih produktif sesuai harapan kedepannya. 

8. Mempromosikan Produk atau Layanan Secara Optimal

Melakukan promosi produk menjadi bagian penting dalam prinsip dasar bisnis. Promosi produk yang optimal akan membuat perusahaan bisa mendapatkan peningkatan income. Para pengusaha harus memikirkan bagaimana caranya agar banyak orang menggunakan produk atau layanan. 

Cara promosi produk misalnya dengan cara melakukan periklanan lewat media sosial, membuat website resmi, butuh peran sales marketing, atau membuat banner offline. Lakukan segala bentuk promosi yang bisa dilakukan sesuai dengan budget yang dimiliki oleh perusahaan. 

9. Memahami Jalannya Operasional Perusahaan

Memiliki pemahaman tentang jalannya operasional perusahaan merupakan salah satu cara memajukan perusahaan serta mencapai jangkauan audiens yang maksimal. Tidak hanya butuh peran pemimpin, tetapi kalau bisa seluruh SDM yang ada dalam perusahaan tersebut. 

Beberapa sistem operasional yang dianggap penting misalnya kelola konsumen, komunikasi bersama tim & klien, teknik sales & marketing, jangkauan informasi usaha, dan tingkat penjualan. Masih banyak aspek lain dalam bidang operasional perusahaan yang perlu dipahami pastinya. 

10. Memprioritaskan Kebutuhan Konsumen

Perusahaan lebih mudah berhasil dan mampu bertahan lama ketika selalu memprioritaskan konsumen. Hal ini akan membuat konsumen loyal dan menambah daya jual perusahaan stabil. Salah satu cara memprioritaskan konsumen dengan membuat produk sesuai kebutuhan. 

Prinsip dasar bisnis yang perlu diterapkan dalam perusahaan juga perlu fokus dalam memberikan pelayanan dan membangun hubungan baik dengan konsumen. Masih ada banyak hal yang perlu dipelajari oleh para pengusaha untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Author