Banyak orang bertanya-tanya mengenai cara menjadi produktif itu bagaimana? Definisi produktif yang sebenarnya itu berbeda-beda tergantung dari dirinya masing-masing. Jika ingin produktif tentu harus tetap mengutamakan kesehatan. Jangan sampai begadang dengan dalih ingin menjadi lebih produktif.

Produktif itu artinya melakukan sesuatu yang positif tetapi tidak lupa waktu istirahat. Tidak semua orang tahu bagaimana menjadi orang yang produktif padahal kebanyakan orang sukses itu dulunya adalah orang rajin dan terus melakukan hal-hal positif. 

Sulit memang jika baru memulai akan tetapi tidak usah khawatir karena di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar terbiasa dengan rutinitas positif. 

Cara Menjadi Produktif

Menjadi seorang yang produktif itu tidak mudah, harus membangun kebiasaan baru setiap harinya. Jika sudah bisa produktif tentu mudah dalam menghasilkan sesuatu. Sesuatu tersebut bisa berupa karya, benda atau uang. Sekarang ada banyak cara yang bisa membuat seseorang menjadi produktif. 

1. Rajin Bangun Pagi Setiap Harinya 

Cara menjadi produktif bagi pelajar yang pertama adalah dengan rajin bangun pagi setiap harinya. Dalam Buku yang ditulis oleh Robin Sharma, rahasia kesuksesan kebanyakan orang adalah rajin bangun pagi khususnya pada pukul 5 pagi. 

Banyak orang yang tidak bisa bangun pagi karena berbagai alasan misalnya begadang. Padahal dengan melakukan hal yang tidak banyak orang lakukan adalah langkah pertama untuk meningkatkan produktivitas. Tentu saja setelah berhasil bangun pagi ada hal yang bisa dilakukan. 

Baca Juga  Saham Biasa : Pengertian, Risiko dan Keuntungannya

20 menit pertama bisa diisi dengan latihan fisik seperti olahraga atau yoga intinya yang membuat seseorang berkeringat agar hormon stressnya berkurang. 20 menit kedua melakukan refleksi diri seperti journaling atau meditasi. 20 menit terakhir bisa mulai kegiatan seperti membaca buku. 

Dengan membiasakan diri untuk rajin bangun pagi maka semakin semangat untuk menjalankan aktivitas. Walaupun kesulitan untuk melakukan 3 set 20 menit itu, cobalah untuk mulai bangun pagi saja terlebih dahulu. Agar bisa bangun pagi tentu kurangi begadang saat malam harinya. 

2. Fokus Pada Prosesnya

Kebanyakan orang-orang lebih fokus pada hasilnya saja tanpa mempedulikan bagaimana prosesnya. Memiliki tujuan saja itu tidak cukup tetapi proses juga penting untuk dipikirkan. Dengan adanya proses tersebut maka akan semakin mendekatkan seseorang terhadap tujuannya. 

Dengan memulai kebiasaan baru lama kelamaan orang tersebut akan semakin produktif karena sudah terbiasa untuk melakukannya. Jadi cara menjadi anak muda yang produktif adalah dengan fokus membangun kebiasaan yang sekiranya menjadi jalan agar tujuannya tercapai. 

Dalam buku Atomic Habits karya James Clear, ada perbadaan antara goals dengan system. Goals merupakan impian atau tujuan misalnya menjadi seorang penulis hebat. Sedangkan system adalah proses menuju impian tersebut misalnya jika ingin menjadi penulis maka mulai belajar menulis. 

3. Tidak Mudah Menyerah 

Memang dalam membangun kebiasaan baru akan sulit di awal, akan tetapi jika terus dilatih maka hal itu bisa membuahkan hasil. Sesuai dengan pepatah apa yang kamu tanam itu yang kamu tuai, jadi jangan mudah mengeluh di tengah jalan. 

Sebenarnya mengeluh itu boleh-boleh saja asal jangan setelah mengeluh tidak melanjutkan pekerjaan. Namanya usaha dan proses itu pasti ada susahnya, ada lelahnya akan tetapi di sanalah tantangannya. Jadi jika sudah lelah boleh mengambil jeda dan istirahat sejenak baru lanjut lagi. 

Baca Juga  REIT Adalah : Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya!

4. Tidak Membuang-Buang Waktu Untuk Hal yang Tidak Penting 

Cara menjadi produktif yang berikutnya adalah tidak menghabiskan waktu untuk kegiatan tidak penting. Mulailah membuat daftar kegiatan apa saja yang ingin dilakukan keesokan harinya untuk terhindar dari melakukan hal-hal tidak penting. 

Salah satu hal yang tidak penting tapi sering dilakukan adalah scrolling sosial media berjam-jam. Tentu saja boleh bermain sosial media akan tetapi harus ada batasan waktunya. Waktu yang terbuang percuma itu sebenarnya bisa digunakan untuk melakukan hal lain misalnya membaca buku.

Cobalah untuk memikirkan ulang apakah kegiatan yang akan dilakukan itu membawa manfaat atau tidak. Walaupun hanya sebentar saja melakukan hal yang produktif itu lebih baik daripada membiarkan waktu terbuang sia-sia. 

5. Mencari Waktu Untuk Me Time

Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah mencari waktu untuk me time. Produktif bukan berarti bekerja terus menerus tanpa istirahat itu sama saja keras terhadap diri sendiri. Me time ini banyak bentuknya misalnya berjalan-jalan ke destinasi wisata terdekat atau pergi ke tempa-tempat favorite lainnya.

Tidak ada salahnya untuk mengambil jeda sejenak, bahkan hal ini sangat penting agar kesehatan mental tetap terjaga. Jika tidak memungkinkan untuk pergi jalan-jalan ke tempat wisata, cobalah untuk mengajak teman nongkrong atau kulineran bersama. 

6. Rajin Berolahraga 

Cara menjadi produktif di rumah selain meluangkan waktu untuk me time adalah meluangkan waktu untuk berolahraga. Aktivitas yang satu ini sebenarnya jarang dilakukan karena dirasa berat dan membuang-buang waktu. 

Padahal memulai hari dengan olahraga akan membantu seseorang untuk menjadi lebih produktif dalam berkarya. Waktu yang ideal untuk berolahraga adalah 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Bentuk olahraganya juga bermacam-macam.

Apabila sedang sibuk dan tidak bisa olahraga di luar cobalah untuk work out di dalam ruangan seperti push up, sit up dan sebagainya. Jika sempat untuk olahraga di luar bisa mencoba jogging atau bersepeda di sekitar rumah. Dengan berolahraga juga akan meningkatkan semangat untuk beraktivitas. 

Baca Juga  Mengenal Net Present Value (NPV) sebagai Alat Penilaian Investasi yang Efektif

7. Melakukan Hobi yang Disukai

Apabila memiliki sebuah tujuan misalnya ingin menjadi penulis besar maka mulailah untuk melakukan hobi agar tujuan tersebut tercapai. Dengan melakukan hobi juga akan meningkatkan produktivitas seseorang, contohnya mulai mengikuti perlombaan menulis gratis. 

Hobi sangat penting dimiliki untuk memenuhi target seseorang. Lakukan hobi tersebut secara rutin agar menjadi kebiasaan misalnya menulis setiap hari minimal 1 halaman. Jika sudah dilakukan secara konsisten maka akan membentuk kebiasaan yang bagus. Itulah yang sering dilakukan orang sukses di luar sana. 

8. Membuat Prioritas Kegiatan 

Cara menjadi produktif bagi mahasiswa yang berikutnya adalah dengan menciptakan prioritas. Kebanyakan orang masih bingung bagaimana cara menentukan sebuah prioritas akibatnya semua pekerjaannya menjadi kacau. 

Oleh karena itu penting untuk menentukan mana kegiatan yang mesti dilakukan dulu atau mana yang bisa ditunda. Jika melakukan banyak pekerjaan dalam waktu yang sama tentu itu akan membuat seseorang kebingungan karena tidak fokus. 

9. Mencari Penyemangat

Penyemangat merupakan sesuatu yang penting dalam membangun sebuah kebiasaan. Ada banyak motivasi yang bisa didapatkan misalnya lewat membaca buku motivasi, menonton video pengembangan diri di Youtube dan sebagainya. 

10. Menonaktifkan Sosial Media

Tips terakhir adalah dengan menonaktifkan sosial media ketika sedang melakukan aktivitas. Bisa mulai dari menutup akun terlebih dahulu atau menonaktifkan notification agar tidak mengganggu fokus. Jika pekerjaan sudah selesai baru bermain sosial media lagi. 

Cara menjadi produktif di atas bisa mulai diterapkan di rumah, pilihlah cara-cara yang sekiranya tepat dan mudah dilakukan. Menjadi orang produktif itu tidak bisa dalam satu hari saja, harus memulai kebiasaan baru secara konsisten. 

Author