Investasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapat keuntungan finansial di masa yang akan datang. Tips investasi yang tepat harus dipelajari oleh siapa saja yang ingin melakukan investasi.

Investasi memang tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena investasi yang tidak tepat akan memiliki risiko menghasilkan kerugian. Sebaiknya para pemula mempelajari berbagai tips dalam berinvestasi untuk menghindari kerugian dan mendapatkan banyak keuntungan.

Tips Investasi Pemula yang Penting Dilakukan

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para pemula dalam ketika mulai melakukan investasi untuk meraih keuntungan, yaitu:

1. Tentukan Tujuan dari Investasi

Tips pertama yang harus dilakukan sebagai dasar memulai investasi adalah menentukan tujuan melakukan investasi. Pastikan untuk membuat tujuan yang jelas dan benar-benar dibutuhkan. Tujuan investasi yang tepat dapat menjadi motivasi dalam melakukan investasi secara konsisten.

Baca Juga  Apa Itu EBA : Pengertian, Contoh dan Risikonya!

2. Pastikan untuk Memilih Jenis Investasi yang Tepat

Jenis-jenis investasi yang tersedia saat ini sangat beragam, seperti investasi emas, saham, properti, reksadana, obligasi, dan lain sebagainya. Di antara semua jenis investasi, sebaiknya pastikan memilih jenis investasi yang tepat sesuai kemampuan modal dan faktor pertimbangan lainnya.

Cara memilih investasi dengan tepat merupakan awal dalam menentukan jalannya investasi di masa yang akan datang. 

3. Pilih Platform Investasi Resmi, Aman, dan Terpercaya

Tips investasi aman selanjutnya adalah menentukan platform investasi yang resmi, aman, dan terpercaya. Kini memang banyak pihak menawarkan platform investasi. Namun, tidak semua platform tersebut resmi dan dapat dipercaya keamanannya.

Sebaiknya cek dulu legalitas platform investasi dan pastikan platform tersebut sudah memiliki izin resmi serta berada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Tindakan ini dilakukan untuk mencegah timbulnya kerugian atau permasalahan lainnya di kemudian hari.

Salah satu cara meraih investasi yang menguntungkan adalah memilih platform investasi yang tepat. Cari informasi sebanyak mungkin dan detail tentang berbagai platform investasi sebelum memutuskan untuk memilih satu platform yang dianggap paling menguntungkan.

Baca Juga  Passive Income adalah: Pengertian dan Bentuk Penghasilannya

4. Mulailah dengan Melakukan Investasi Skala Kecil

Sebagai pemula di bidang investasi, maka ada baiknya untuk memulai investasi kecil terlebih dahulu. Selain untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam investasi, memulai investasi dalam jumlah kecil merupakan langkah yang tepat untuk mempelajari investasi lebih jauh.

5. Jangan Bersikap Berlebihan dalam Melakukan Investasi

Tips investasi lainnya bagi pemula adalah hindari sikap berlebihan ketika melakukan investasi. Tujuannya tentu saja agar pemodal pemula tidak kaget dengan berbagai kondisi di pasar investasi. Investasi memang dapat mempengaruhi kondisi mental dan psikologi seorang pemodal.

Selain itu, jangan mudah tergiur atau terkecoh dengan tawaran investasi yang sering berdatangan dari berbagai pihak.

6. Tetap Konsisten dalam Investasi

Pastikan untuk tetap konsisten melakukan investasi setiap bulannya agar bisa mendapatkan keuntungan di masa depan. Salah satu cara agar tetap konsisten melakukan investasi adalah mengingat tujuan awal melakukan investasi.

7. Terus Belajar Investasi dari Berbagai Sumber

Tips investasi yang terakhir dan penting dilakukan adalah terus mempelajari segala sesuatu berkaitan dengan investasi. Selain mempelajari cara-cara untuk meningkatkan investasi agar menguntungkan, pastikan juga untuk mempelajari risiko-risiko yang dapat terjadi ketika melakukan investasi.

Baca Juga  Valuasi Adalah : Pengertian, Jenis, Faktor dan Metodenya!

Belajar investasi dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti mengikuti seminar, diskusi, bergabung dengan komunitas, membaca buku, menonton video investasi, dan lain sebagainya.

Tips investasi yang tepat sangat penting dipelajari dan dilakukan agar investasi dapat dikembangkan serta memberikan keuntungan. Investasi yang tepat dilakukan pastinya akan memberikan banyak manfaat bagi pemodal di masa depan.

Author